Hari Pertama, Mulai Mengamati
Kalau biasanya si sulung belajar hanya rutinitas yang tak terlalu saya amati betul-betul. Sekarang saya mulai tertarik mengamati, tipe seperti apakah si Kakak ini. Naila (6th) kelas 1 SD, dari sebelum sekolah memang kelihatan lebih tekun dan kuat duduk berlama-lama di meja belajar untuk sekedar menggambar atau mengamati gambar. Saya belum menyimpulkan dia tipe visual, tetapi seperti yang malam ini dia kerjakan, duduk dan berusaha membuat huruf tegak bersambung, saya melihat dia tekun dan telaten mengerjakannya. Dia memang bukan tipe kinestetik yang banyak bergerak.
Raihan (3th), saat ini masih senang-senangnya copy paste Kakaknya. Kalau kakaknya menulis, dia ikut "menulis" (menggambar bentuk). Kalau kakaknya menggambar, dia minta disediakan kertas dan crayon. Malam ini dia menggambar kereta api dengan pulpen. Kereta api dan lampu trafic light adalah kesukaannya. Tapi karena masih meniru Kakaknya, saya jadi tidak melihat ciri-ciri anak kinestetik pada Raihan.
Ishana (5 bulan), dia sedang senang tengkurap dan mengamati Kakak-kakaknya. Kesukaannya adalah mengamati Raihan. Kalau Raihan bergerak didekatnya, kepalanya langsung tegak, bibirnya tersenyum. Kadang kalau Raihan melompat-lompat di depannya, Ishana menggerakkan kakinya excited, tertawa bahkan berteriak senang. Saat ini memang sedang distimulasi dengan mendekatkan benda di depannya. Bukannya berusaha mengambil, tapi dia malah mengamati lama-lama.
Aidan (5 bulan). Saudara kembar Ishana ini belum betah lama-lama tengkurap. Dia lebih suka tiduran dan mengamati jempol kakinya. Mengamati jari-jari tangannya. Dia tak tertarik dengan Kakak-kakaknya, tetapi sangat peka dengan kehadiran Ayahnya. Bila ayahnya lewat sekejap Aidan langsung nengok dan merengek minta digendong. Aidan belum tertarik pada benda yang didekatkan padanya.
Tadi saya mendekatkan si kembar, saya posisikan berhadap-hadapan. Seru, karena mereka berinteraksi, saling mengamati, tersenyum, tertawa. Dan Aidan lebih dulu mencoba memegang tangan Ishana. Ishana hanya mengamati Aidan saja, tidak mencoba memegang badan Aidan.
Besok saya akan amati Naila dan Raihan lagi. Dan untuk si kembar tetap dengan stimulasinya.
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
Komentar
Posting Komentar