Aliran Rasa, Memahami Gaya Belajar Anak

Naila dari kecil memang menyukai kegiatan bersekolah, kesempatan bertemu teman dan kegemarannya menggunakan alat tulis memang sudah terlihat sejak kecil. Saya pikir setiap anak memang menyukai corat coret apapun medianya, tetapi Naila menyukai corat coret di kertas. Makin besar makin terlihat kalau Naila memang betah berlama-lama di meja belajar, menulis angka, huruf, menggambar ataupun mewarnai. Lalu saya perhatikan lagi Naila suka sekali melihat tayangan DIY terutama yang kreasi hiasan kertas dan barang bekas, lalu setelahnya dia akan membuat kreasi yang hampir serupa. Acara TV kesayangannya adalah Mr. Maker di CBeebies, acara kreasi seni yang memanfaatkan kertas warna warni dan barang bekas. Lalu sesudahnya seperti ada banyak ide dikepalanya, dibuatnya gambar atau kreasi mirip seperti yang dilihatnya. 

Lain halnya dengan Raihan, dia memang selalu meniru apa yang dilakukan Kakaknya. Bila Naila menulis, Ray akan minta kertas dan alat tulis lalu mulai corat coret. Kegemarannya pada kereta api dan lampu trafic light dituangkannya pada gambar. Dia tekun menggambar kereta api lengkap dengan rel, palang pintu dan lampu peringatan kereta. Kebetulan di cilacap banyak perlintasan kereta api dan Raihan cukup sering melihat kereta. Raihan juga cepat hafal lagu yang diputar ayahnya di kendaraan.

Lewat tantangan level 4 kali ini kebiasaan anak-anak saya saat mempelajari sesuatu yang biasanya tidak saya perhatikan, jadi lebih saya amati dengan seksama. Naila yang visual dan Raihan yang visual auditory jika dilihat dari ciri-ciri gaya belajarnya. Ini memudahkan saya dan ayahnya untuk membersamai dan memfasilitasi mereka dalam mempelajari sesuatu. 

#AliranRasa
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TELEPATI

Maagh Menyerang

Pindahan Lagi....